budidaya ikan mas di kolam

Cara Budidaya Ikan Mas yang Mudah dan Menguntungkan

Budidaya Ikan Mas – Siapa yang tidak kenal dengan ikan mas? Jenis ikan yang satu ini memang cukup populer sejak dahulu kala di kalangan masyarakat di Indonesia. Ikan jenis ini terkenal sekali dengan rasanya yang begitu lezat untuk dijadikan sebagai santapan. Selain dijadikan sebagai sumber makanan, ikan ini juga bisa dijadikan sebagai ikan hias, karena termasuk ke dalam jenis ikan tawar.

Ikan mas memiliki dua jenis yaitu ikan mas untuk konsumsi, dan ikan mas hias untuk dipelihara di rumah. Pada ikan mas yang sering digunakan untuk konsumsi makanan, ada 10 jenis ikan mas yang bisa diolah. Yaitu ikan mas lokal, mere, majalaya, Taiwan, punten, yamato, dan juga ikan mas putri Yogya atau disebut juga dengan ikan mas sinyonya.

Di Indonesia sendiri, jenis ikan mas yang paling terkenal di masyarakat luas adalah jenis ikan mas yang lokal. Ciri-ciri dari ikan mas yang satu ini sulit sekali teridentifikasi karena diduga berasal dari perkawinan silang ikan mas dari beberapa ras yang tidak terkontrol dengan baik.

Karena banyaknya peminatan yang tinggi terhadap ikan mas, banyak pula para peternak ikan yang melakukan budidaya ikan mas. Membudidayakan ikan mas dapat memberikan keuntungan yang banyak dan berpotensi menjadi peluang usaha yang besar. Maka dari itu banyak pula orang-orang yang melakukan bisnis jual beli ikan mas.

Jika anda berencana ingin membangun usaha ternak ikan mas, budidaya yang tepat harus dilakukan dengan baik untuk mendukung pertumbuhan ikan mas tersebut. Budidaya ikan mas tidaklah sulit, asalkan anda mengetahui tempat dan daerah yang cocok untuk pertumbuhan ikan mas. Ikan mas tumbuh dengan baik pada ketinggian 150 hingga 1000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 20 hingga 25 derajat celcius.

Pemilihan Bibit Ikan Mas

Langkah pertama dalam melakukan budidaya ikan mas adalah pemilihan bibit yang baik dan benar. Pilihlah bibit ikan mas yang berasal dari induk yang bagus. Hasil dari budidaya ini akan berpengaruh dari pemilihan bibit ikan mas. Maka dari itu, telitilah kembali pada saat memilih bibit. Perhatikan kualitas bibit tersebut apakah unggul atau tidak.

Berikut ini adalah ciri-ciri indukan ikan mas yang baik:

  • Usia dari induk jantan tidak kurang dari 8 bulan serta memiliki berat minimal 0.5 kg. Untuk indukan yang betina, pilih yang usianya tidak kurang atau melebihi dari 2.5 hingga 2 tahun dan memiliki berat minimal sekitar 2 kg.
  • Pilihlah indukan ikan yang memiliki kondisi badan yang sehat serta fisiknya yang mulus.
  • Kepala dari indukan tersebut ukurannya lebih kecil dari badannya.
  • Tidak terdapat bintik-bintik pada insang. Insangnya terlihat bersih dan mulus.
  • Sisik-sisik pada indukan ikan mas tersusun dengan rapi dan juga simetris. Serta tidak terdapat lekukan maupun patahan, ukurannya juga lebih besar deibandingkan dengan ikan-ikan lainnya.
  • Warna pada sisik ikan adalah cerah dan tidak kusam. Jika warna sisik ikan kusam, itu berarti ikan tersebut sudah terlalu tua dan tidak bagus untuk dipilih bibitnya.
  • Panjang dari ekor ikan tersebut lebih besar dibandingkan dengan lebar ekornya. Ekor dari ikan juga terlihat kuat dan cukup baik.
  • Pilihlah calon indukan ikan mas dari keturunan yang berbeda baik ikan mas jantan maupun betina. Hal ini bertujuan untuk menghindari turunnya kualitas bibit ikan yang dipilih.

Pemijahan untuk Ikan Mas

Setelah memilih bibit ikan dari indukan yang baik, selantnya adalah melakukan proses pemijahan alias proses pemisahan telur dari sperma untuk dilakukan pengembangbiakan. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu kolam khusus untuk pembibitan. Rawatlah indukan jantan dan betina secara terpisah di masing-masing kolam hingga mereka siap untuk dipijah.

Setelah kedua indukan tersebut siap untuk dipijah, pindahlanlah mereka ke kolam khusus yang telah disiapkan untuk proses perkawinan. Kolam khusus untuk pemijahan dilengkapi dengan sebuah tempat bernama kakaban, yang digunakan untuk menempelkan telur hasil pembuahan.

Untuk mengetahui apakah indukan sudah siap dipijah atau belum, bisa dilihat dengan ciri-ciri berikut ini:

  • Pergerakan dari indukan betina lambat dan tidak lincah. Sedangkan pergerakan dari indukan jantan sebaliknya, lincah dan gesit.
  • Indukan betina sering kali meloncat-loncat dalam hari. Hal ini menandakan adanya pergerakan khusus yang dilakukan oleh indukan betina.
  • Perut dari indukan betina terlihat membuncit dan membesar kea rah belakang. Jika diraba, akan terasa lunak.
  • Lubang anus dari indukan betina terlihat sangat menonjol dan warnanya kemerahan.
  • Indukan jantan dapat mengeluarkan sebuah cairan putih yaitu sperma apabila dipijat perlahan.

Setelah proses pemijahan ikan mas dari indukan telah selesai dilakukan, proses pembenihan ikan mas akan membutuhkan waktu sekitar empat setengah bulan. Kebutuhan benih untuk dilakukannya budidaya pembesaran ini biasanya memiliki berat sekitar 100 gram per ekornya.

Pembesaran Budidaya Ikan Mas

Agar dapat menekan resiko kegagalan sekecil mungkin, gunakanlah benih ikan mas yang berukuran 10 hingga 12 cm atau memiliki bobot sebesar 80 hingga 100 gram per ekor. Untuk teknik budidaya ikan mas yang baik dapat menggunakan metode air tenang, air deras, maupun metode tumpang sari. Sedangkan media tempat budidayanya dapat berupa kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, sawah, keramba, maupun jaring apung.

Pembudidayaan ikan mas di kolam air yang tenang ini banyak sekali digunakan oleh para peternak ikan mas dan juga para petani. Diakrenakan pembuatan kola mini cukup mudah serta biaya pembuatan kolamnya pun sangat murah. Jika anda melakukan pembuatan kola mini sendiri, maka anda bisa lebih menghemat biaya anda karena tak memerlukan biaya.

Untuk kolam tanah, terdapat dua tipe yang bisa digunakan. Tipe pertama adalah kolam tanah dengan tanggul tanah. Sedangkan tipe yang kedua menggunakan tanggul tembok. Kedua tipe kolam ini memiliki keunggulan dibandingkan tipe-tipe kolam lainnya seperti dapat menumbuhkan pakan alami yang bisa digunakan untuk pakan ikan sehingga mengurangi biaya pembelian pakan, dan juga lebih subur.

Pembuatan Kolam Ikan Mas

Pembuatan kolam ikan mas tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena hal ini sangat mempengaruhi produktivitas dari budidaya ikan tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam ikan adalah sebagai berikut:

Analisa Jenis Tanah

Jenis tanah liat yang berpasir adalah jenis tanah yang sangat baik untuk membuat kolam ikan. Karena tekstur dari tanah ini cukup padat sehingga untuk pembuatan tanggulnya lebih mudah untuk digunakan.

Pembuatan Tata Letak

Jika anda berencana untuk membuat satu kolam saja, maka tata letak kolam ikan lebih sederhana. Tetapi apabila anda berencana membuat kolam ikan lebih banyak dikarenakan banyaknya jumlah ikan mas yang akan dipelihara, maka tata letak kolam harus diperhatikan dengan baik pula.

Terdapat dua tipe tata letak kolam yang bisa anda terapkan yaitu secara parallel dan seri. Hal ini juga dibuat berdasarkan sistem pengairan kolamnya. Untuk sistem parallel, parit dan juga saluran irigasi kolam harus dibuat agar dapat melewati setiap kolam ikan. Semua kolam ikan yang menerima asupan air, dapat diterima secara langsung.

Kualitas dari sistem pengairan kolam secara parallel lebih baik dan tahan lama. Hanya saja biaya konstruksi untuk pembuatan dengan sistem ini cukup mahal dan mengeluarkan lebih banyak biaya. Namun kualitasnya lebih terjaga karena kolam menerima air langsung dari sumbernya.

Untuk sistem pengairan kolam secara seri, pada setiap kolam ikan akan menerima asupan air yang berasal dari pengeluaran kolam sebelumnya. Sistem pengairan seperti ini dapat digunakan apabila asupan air untuk kolam terbatas.

Hanya saja kelemahan dari sistem pengairan seri adalah, lebih mudah terkena pencemaran air dan ikan-ikan akan lebih mudah terserang penyakit. Maka dari itu harus sering-sering dilakukan pembersihan kolam agar kualitas air terjaga kebersihannya.

Pembuatan Tanggul Kolam Ikan Mas

Tanggul pada setiap kolam ikan sangat berfungsi untuk pembatas kolam dan menhan air agar tidak bocor. Ciri tanggul yang kuat adalah yang dapat menahan air, tidak mudah bocor, tidak mudah erosi, serta tidak kedap air. Pembuatan tanggul kolam dapat menggunakan bahan dari tanah liat atau tembok.

Pembuatan Saluran Air Kolam

Saluran air pada kolam ikan berguna untuk menjaga kualitas air dan merupakan bagian terpenting dari perkembangbiakan kolam ikan. Jumlah saluran masuk air dan juga saluran keluarnya sebaiknya disesuaikan dengan ukuran kolam yang telah dibuat. Untuk kolam yang besar, saluran dapat dibuat lebih dari satu saluran untuk memperlancar proses pengairan.

Sebisa mungkin jangan meletakkan saluran masuk dan juga saluran keluarnya secara berdekatan. Buatlah jaraknya sejauh mungkin dan dibuat bersilangan agar sirkulasi pengairan air dalam kolam menjadi lancar. Air yang masuk dapat menggantikan air yang lama berada di kolam sehingga air lama kan keluar.

Membuat Kemalir 

Kemalir ini juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi aliran air bawah, membantu mengendapkan lumpur yang berbahaya, serta memberikan kemudahan pada saat akan memanen ikan mas yang telah tumbuh.

Budidaya Ikan Mas Pada Kolam Tanah

Untuk melakukan budidaya ikan mas kolam tanah, ikutilah petunjuk di bawah ini:

  1. Bajak tanah pada dasar kolam. Lakukan pengapuran, pemupukan, dan penggenangan air. Proses ini memakan waktu hingga 2 minggu.
  2. Gunakan benih ikan mas berukuran 80 hingga 100 gram per ekor dengan kapasitas kolam sebesar 10 hingga 20 ekor.
  3. Beri pakan ikan berupa pellet.
  4. Setiap 2 minggu sekali, lakukan penimbangan bobot. Dalam waktu 3 – 4 bulan, bobot ikan mas yang normal dapat naik hingga 400 gram.

Mengatasi Penyakit Ikan Mas

Ikan mas dapat terserang penyakit yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang buruk dan organisme pathogen atau yang biasa disebut dengan penularan penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyerang ikan mas berupa cacing insnag, bintik putih, bengkak, kutu, jamur, gatal, bakteri, dan koi herves virus.

Untuk mengatasi penyakit ikan mas dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan kolam serta selalu memeriksa kondisi ikan-ikan mas. Apabila terdapat ikan yang memiliki ciri-ciri penyakit, segera pisahkan dengan ikan lainnya agar tidak menular.

Panen Budidaya Ikan Mas

Bobot ikan mas yang sudah dapat dipanen adalah sekitar 300 hingga 400 gram per ekor. Waktu yang dibutuhkan untuk panen dalam masa pemeliharaannya adalah 2 hingga 3 bulan. Setelah dipanen, ikan mas siap dijual di pasaran.
Demikianlah informasi mengenai budidaya ikan mas yang baik dan benar. Semoga bisa membantu anda dalam menyukseskan bisnis ikan mas anda.

Leave a Comment

%d bloggers like this: