TERMUDAH: Cara Merawat Kucing Kampung Yang Harus Kamu Ketahui

Kucing Kampung memang paling merakyat dibanding jenis Kucing lainnya. Dia memang sederhana, tetapi tetap imut. Tidak salah kalau jenis Kucing Kampung ini banyak dipelihara warga Indonesia sampai menjadi hobi tersendiri.

Keimutan dan kelucuan Kucing Kampung tidak harus dibayar dengan keribetan mengurus sebagaimana Kucing ras. Kucing Kampung adalah binatang yang mandiri. Dia kerap dijagokan oleh pemilik rumah karena handal dalam memberantas Tikus di tempat tinggalnya.

Orang-orang manja yang belum terbiasa dengan keberadaan Kucing Kampung masih memiliki stigma bahwa dia adalah hewan pengganggu. Di artikel inilah kita bisa mengangkat penilaian terhadap Kucing Lokal ini. Berikut ini pembahasannya.

Kucing Kampung Lucu

kucing kampung lucu

Jika Anda adalah salah satu orang yang menganggap Kucing Kampung tidak lucu, maka Anda harus memperhatikan gambar-gambar di bawah ini. Meskipung kampungan, tetapi mereka tetap menggemaskan dibandingkan Kucing ras sekelas Persia dan Anggora.

Anak Kucing Kampung

anak kucing kampung

Anak Kucing Kampung mempunyai wajah seperti bayi, imut. Anda tidak butuh banyak dana untuk memelihara mereka. Anak-anak Kucing Kampung banyak dijual di pasar tradisional atau bahkan memungut mereka yang ditelantarkan induknya, kasihan.

Anak Kucing Kampung yang diambil dari kondisi tidak terawat di jalanan lalu dijadikan Kucing rumahan perlu waktu beradaptasi. Mereka ini membutuhkan pengasuhan penuh kasih sayang dari juragan barunya. Walaupun liar, Kucing Kampung tidak terlalu membahayakan.

Jenis Kucing Kampung

Kucing kampung diklasifikasikan berdasarkan warna bulu. Hal ini karena tidak ada perbedaan mencolok antara bentuk badan tiap Kucing. Pengklasifikasian para pengamat tersebut adalah seperti di bawah ini:

Kucing Kampung Tiga Warna Telon

Kucing Kampung Tiga Warna
Kucing Kembang Telon atau Kucing Kampung Tiga Warna dianggap memiliki kekuatan magis. Secara fisik dia pun menarik karena memiliki perpaduan tiga warna. Kebanyakan Kucing Kembang Telon berjenis kelamin betina.

Kucing Kembang Telon kami yang berusia sekitar 4 tahun sudah melahirkan 5 kali. Dia adalah jenis Kucing cerdas dan tidak suka bermalas-malasan. Selain karena langka di pergaulannya, Kucing Kembang Telon rata-rata juga berusia lebih panjang.

Kucing Kampung Kuning Bata

Kucing Kampung Kuning Bata

Jenis Kucing Kampung yang paling banyak hidup adalah Kucing Kampung berbulu kuning bata. Dia memang manja dan suka tiduran, bahkan di samping manusia. Sebagian Kucing Kampung jenis ini pemalas, lebih menyukai tidur daripada berburu mangsa.

Kucing kampung Hitam Putih

Kucing kampung Hitam Putih

Kucing yang pemalas tapi bulunya tidak berwarna gemas dimiliki oleh satwa yang ini. Bulunya bercampur antara hitam dan putih, orang-orang filosofis yang sederhana namun mendalam cocok sekali mengangkatnya sebagai anak peliharaan.

Tidak terlalu salah jika Kucing Kampung cenderung pemalas meskipun tidak separah Kucing ras. Setidaknya dia mudah diajak bermain dibandingkan Kucing Hutan yang beberapa spesiesnya menjadi raja hutan.

Kucing Kampung Putih

Kucing Kampung Putih
Kucing berwarna putih total sepertinya mudah kotor. Tetapi kecantikan dan kemenarikannya tetap mengisap perhatian banyak pecinta Kucing. Supaya tidak terlihat kumuh, sekalipun Kucing Kampung Anda harus rajin memandikannya.

Anda akan berhadapan dengan permasalahan klasik bahwa fakta menunjukkan Kucing Kampung susah dimandikan. Tenang, nanti kami akan memberikan trik memandikan mereka di pembahasan tersendiri.

Kucing Kampung Hitam

Kucing kampung hitam
Tetap menjadi Kucing Lokal Domestik, hewan bermata kuning berbulu hitam total malah anti kotor. Dia bekerja sebagai pemburu pada malam hari. Badannya yang hitam menambah kerennya pekerjaan tersebut.

Semengerikan apapun seekor Kucing, dia akan tetap senang bermanja kepada majikannya. Termasuk Kucing Kampung Hitam yang sering dianggap memiliki kekuatan mistis. Orang-orang mengira setan menjelma menjadi hewan tersebut dan muncul di tempat angker.

Makanan Kucing Kampung

Berikut ini daftar makanan yang disukai Kucing Kampung sekaligus memberikan kebaikan bagi energi serta kesehatan si Kucing:

Daging Untuk Makan Kucing

Semua Kucing dari spesies apapun menjadikan daging makanan favoritnya. Bangsa karnivora memang bernafsu tinggi pada daging apapun yang terlihat oleh matanya.

Daging paling umum bagi Kucing yaitu Ikan yang memiliki banyak Vitamin E dan Daging Sapi. Karena dia tidak hidup di alam liar, melainkan di bawah pengawasan Anda, maka Anda harus mengolah dulu lewat cara direbus atau digoreng.

Kombinasi Daging dan Nasi

Dompet harus tebal sekali kalau Kucing terus diberi makan daging. Maka dari itu Anda boleh mengombinasikannya dengan nasi. Porsi pembagiannya disesuaikan kebiasaan Kucing. Yang penting jangan diperbanyak nasinya supaya tidak terkena dampak glukosa.

Tempe Makananan Alternatif Kucing

Konyol memang kalau menyuruh hewan karnivora menyantap makanan dari sumber nabati. Namun inilah Kucing Kampung yang tidak terlalu sering rewel jika majikannya sedang ‘kantong kering’. Kucing Kampung tidak gengsi menghabiskan tempe.

Makanan rakyat Indonesia ternyata dibabat pula oleh Kucing lokal. Tempe goreng adalah menu terbaik bagi si Karnivora. Tak perlu takut mereka tidak mau menghabiskan.

Jika Kucing belum dewasa, biasakan dia memakan tempe meskipun sedikit. Kelak ketika sudah besar dia tidak menolak diberi pakan tempe. Kalau pemeliharaannya sejak Kucing sudah besar maka harus diadaptasi pelan supaya menghabiskan tempe yang ada.

Makanan Kering dan Basah Khusus Kucing

Bagi pecinta Kucing yang tidak memiliki cukup waktu mengurus piaraan mereka dan tidak mempekerjakan perawat bagi Kucing-kucing di rumahnya, toko hewan pasti sering menjadi bengkel bagi masalah rumah tangganya bersama hewan kesayangan.

Toko yang menyediakan perlengkapan bagi hewan biasanya menyediakan pakan Kucing. Umumnya barang-barang yang dijual di sana akan dilepas dalam harga lebih murah apabila pembeli membeli pakan secara kiloan.

Minuman Kucing Kampung

Idealnya induk Kucing menyusui anak-anaknya sampai setidaknya 3 bulan. Kemudian bayi lucu mereka sudah harus beradaptasi dengan lingkungan buatan. Salah satu bentuknya adalah membiasakan minuman lain di luar air susu ibu Kucing. Minuman menyehatkan tersebut yaitu:

Air putih Untuk Kucing Peliharaan

Manusia saja bisa bertengkar jika tidak diberi air, hewan pun berhak mendapatkannya. Anda benar-benar akan menghemat biaya karena air putih ternyata menyehatkan Kucing. Setiap hari beri mereka minimal seliter air dalam wadah bersih.

Susu Khusus Kucing

Kalsium dan protein banyak mengendap di dalam susu. Zat-zat tersebut telah diakui baik bagi kualitas pertumbuhan makhluk hidup aktif seperti Kucing. Protein yang tidak dicerna baik oleh Kucing berasal dari Sapi, selain itu Anda bebas meminumkannya.

Cara Merawat Kucing Kampung

Cara Merawat Kucing Kampung

Ikatan batin kuat akan hadir jika Kucing Kampung dirawat sejak dia masih baru lahir. Hewan-hewan jinak ini memiliki kepekaan istimewa kepada kehadiran pemeliharanya. Bahkan mereka menghafalkan kebiasaan bosnya sehari-hari.

Tidak berdosa memelihara jenis Kucing yang memang bukan kelas atas. Toh, nyatanya kita akan tetap mengeluarkan banyak biaya, waktu dan tenaga dalam membesarkan mereka. Sekarang Anda harus tahu cara merawat Kucing Kampung yang baik.

Berikan Makanan Kucing Secara Teratur

Pencukupan kebutuhan dasar Kucing seperti makanan menjadikan mereka perlahan menyembunyikan insting predator. Jika mereka jarang diberi makanan, secara alamiah mereka akan menghilangkan keimutan perilaku.

Kucing yang tidak dirawat dengan baik cenderung tampak kotor dan tidak bertenaga. Anda bisa membangkitkan semangatnya setiap hari melalui makan yang disediakan 2 – 3 kali setiap hari. Nanti list menu hariannya bisa dilihat.

Berikan Minuman Secara Teratur

Meskipun sama-sama air putih, Anda tetap harus menjamin air yang diberikan bersih. Kalau yang diminum Kucing ternyata air kotor, pencernaan mereka bisa terserang penyakit. Oleh karenanya sesekali Anda dapat mengganti air putih dengan susu seminggu sekali.

Kesehatan Kucing Kampung Perlu Diperhatikan

Kucing Kampung jauh lebih aktif dibandingkan Kucing Ras. Meskipun begitu, cara perawatannya tidak begitu ribet. Perhatian yang harus diberikan standar untuk penyakit, makanan dan kebersihan. Selebihnya Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Memandikan Kucing

Sejatinya seluruh jenis spesies Kucing tetap butuh mandi. Walaupun tidak seberani Kucing Hutan Bakau pada air, tetapi Kucing Kampung masih bisa mengatasi ketakutannya pada air. Dia hanya perlu diajari dan dibiasakan seminggu sekali.

Cara Memandikan Kucing Kampung

Cara Memandikan Kucing Kampung

Seperti halnya pula manusia yang ketika hendak mandi membutuhkan beberapa perlengkapan, Kucing Kampung pun butuh beberapa alat bantu mandi yang sudah disiapkan sebelum proses pemandian dimulai.

Berikut adalah barang-barang yang mereka butuhkan:

  1. Handuk untuk mengelap tubuh setelah mandi.
  2. Air Hangat untuk membasuh tubuhnya
  3. Shampoo Kucing supaya tidak berkutu
  4. Ember berukuran sedang agar Kucing bisa berendam
  5. Cotton Buds demi kebersihan telinganya
  6.  Hair Dryer agar bulu dan tubuh Kucing cepat kering, tidak kedinginan.

Langkah-Langkah Memandikan Kucing Kampung Dengan Mudah

Ketika ingin memandikan binatang-binatang kampung, ada beberapa tahapan seperti di bawah ini yang harus dilalui:

Basahi Semua Tubuh Kucing

Hal paling awal yang harus dilakukan adalah membasahi tubuh Kucing pada seluruh bagian menggunakan air hangat. Perkecualian untuk telinga yang tidak boleh kemasukan air.

Gunakan Shampoo Khusus Kucing

Yang kedua adalah mengajak Kucing memakai shampoo ke seluruh anggota badannya kecuali lubang hidung dan telinga. Usap-usaplah tubuh Kucing dan pijit-pijit pula supaya shampoonya bisa meresap secara merata sampai akar bulu binatang lucu tersebut.

Membilas Shampoo di Bulu Dengan Air

Kemudian bilaslah seluruh badang Kucing yang penuh shampoo sampai tidak ada sisa shampoo tertinggal.

Mengeringkan Tubuh Kucing

Awalnya keringkan tubuhnya menggunakan handuk lembut terlebih dahulu sampai bersih dari air. Gosok lembut seluruh tubuh yang tadi terkena shampoo sampai dia kering. Jika ingin lebih memanjakan, Anda dapat menggunakan bantuan hair dryer.

Membersihkan Telinga Kucing

Telinga yang tadi tidak boleh terkena shampoo maupun air sekarang akan dibersihkan. Setelah proses memandikan tubuh selesai sempurna, Anda pergi lagi ke telinga Kucing. Di sinilah cotton buds yang sudah diberi baby oil membersihkan kotoran.

Gambar Kucing Kampung

Kucing Kampung Lucu

Harga Kucing Kampung

Kucing Kampung tidak mahal seperti Kucing Ras apalagi Kucing Hutan yang garang. Bahkan banyak pemiliknya mendapatkan Kucing Kampung secara gratis. Banyak orang beternak Kucing Kampung lalu memberikan beberapa anakannya pada teman yang mau merawat.

Pasar hewan sering menyediakan binatang lokal ini. Jikalau ada Kucing Kampung yang lahir dari hasil kawin silang bersama Kucing ras, harga anakan umur 2 – 3 bulan hanya 200 ribuan. Semoga artikel ini membantu Anda yakin untuk memelihara Kucing Kampung.

Leave a Comment

%d bloggers like this: