Peluang Usaha Merawat Hewan Peliharaan yang MengUNTUNGkan

Pada zaman milenial saat ini banyak yang memelihara hewan sebagai kebutuhan, terkadang orang berpikiran merawat hewan di rumah membutuhkan biaya besar dan terkesan pemborosan. Tapi tahukah Anda memiliki hewan peliharaan di rumah selain dapat mengisi waktu luang, ternyata dapat juga menghasilkan uang.

Apabila Anda jeli melihat peluang usaha maka dapat mencoba berbagai lini usaha yang dapat dikembangkan seperti:

  • Berjualan aksesoris hewan
  • Makanan dan gizi untuk hewan tersayang
  • Jual beli hewan
  • Jasa pengasuh dan penitipan hewan
  • Dan banyak lagi

Tapi ketika kamu belum memiliki hewan peliharaan di rumah kurang afdol rasanya bila mencoba bisnis tersebut. Pasalnya seseorang yang berjualan perlengkapan hewan tanpa memiliki hewan peiiharaan di rumah akan kesulitan apabila pembeli bertanya mengenai permasalahan pada hewan karena kita sendiri juga nggak tahu.

Keuntungan bila Anda memiliki hewan pemeliharaan adalah berbisnis dapat terasa lebih ringan dan menyenangkan sebab anda menjalankan bisnis sesuai dengan kesukaan Anda.

Lalu langkah awal apa yang harus saya lakukan? Cobalah memelihara beberapa jenis hewan peliharaan dibawah ini dan pilih salah satu yang cocok dengan karakter dan budget yang Anda miliki.

Kucing

Kucing sering menjadi teman bermain di rumah bagi para perempuan. Merawat kucing memiliki kesan kebahagiaan tersendiri karena bentuk tubuhnya yang lucu, menggemaskan dan manja.

Ketika telah berhasil memelihara kucing dengan baik tidak ada salahnya mencoba membuka jasa salon dan perawatan kucing di rumah. Untuk langkah awal bisa mencoba menawarkan pada teman-teman di sekolah yang memiliki hobi merawat kucing.

Burung

Seringkali komunitas burung mengadakan berbagai kontes mulai dari penilaian keindahan tubuh atau keunikan suaranya. Menjadikan burung sebagai hewan peliharaan merupakan salah satu pilihan cerdas. Anda dapat budidaya burung hias seperti kenari, lovebird, atau kacer untuk langkah awal perjalanan menjadi seorang peternak sukses.

Menjadikan burung sebagai hewan peliharan memiliki beragam jenis peluang usaha antara lain dapat menjual pakan dan gizi untuk burung. Banyak para pecinta burung membutuhkan hal ini agar burung pelihaaraannya terawat dan dapat segera gacor

Sugar Glider

Hewan mungil yang mudah dibawa kemana mana ini merupakan hewan ketiga yang dapat dijadikan pilihan ketika baru memulai merawat hewan peliharaan. Sugar glider yang sudah jinak bisa sangat akrab sekali dengan pemiliknya misalnya ketika dipanggil akan segera datang ke majikannya.

Harga sugar glider terbilang cukup mahal sekitar 300rb an. Kamu dapat mencoba mengembang biakan sendiri atau kerja sama lalu mencoba bisnis jual beli sugar glider.

Ikan

Kamu dapat mencoba memulai usaha dengan memelihara ikan. Bebas mau memelihara ikan konsumsi atau budidaya ikan hias hampir semuanya yang bila ditekuni dapat menghasilkan uang. Antara lain ikan hias adalah budidaya ikan mas, ikan cupang, ikan koi. Sedangkan untuk ikan konsumsi seperti budidaya ikan nila, budidaya ikan gurame, ikan lele. Yang paling penting dalam hal ini adalah sesuaikan dengan kondisi tempat pemeliharaan nantinya.

Pasar untuk kebutuhan ikan sangatlah luas Anda dapat mencoba budidaya ikan lele di rumah dan menjual olahan makanannya di setiap rumah makan. Banyak beragam cara mudah budidaya ikan lele seperti dengan pemanfaatan kolam terpal, pemeliharaan dalam jerigen, atau kolam bioflok lele.

Hamster

Hamster merupakan hewan mungil dan lucu yang banyak disukai oleh kaum perempuan. Berikan hamster kandang dan beberapa mainan untuk mendukung gerak aktifnya.

Kura-kura

Kura-kura sering dijadikan hewan peliharaan karena mempunyai pertumbuhan yang cenderung cepat. Merawat kura-kura sangatlah mudah dan yang paling penting adalah selalu memperhatikan air tempat tinggal mereka.

Landak

Hewan landak mini sangat populer di tahun ini karena penggiat sosial media memposting foto landak dengan berbagai meme lucu. Alasan memelihara landak ini karena bentuknya yang menggemaskan sehingga dapat menghilangkan penat. Ketika takut merawat landak karena durinya yang lincip dapat diakali dengan membelikan kandang kecil dengan sedikit serpihan kayu. Landak mini yang sudah jinak akan senang sekali apabila Anda elus-elus.

Kelinci

Memelihara kelinci dapat dilakukan di halaman rumah yang luas atau kandang. Ada jenis kelinci rumahan yang biasa dijual belikan sebagai makanan seperti sate kelinci atau kelinci hias untuk berpatisipasi dalam kontes.

Kelinci memiliki banyak minat mulai dari anak kecil hingga nenek-nenek pasti suka dengan kelinci. Binatang yang lucu, unik dan tidak membahayakan ini sering menjadi pilihan.

Ayam

Ayam dapat dijadikan pilihan terakhir ketika belum berminat dengan pilihan hewan peliharaan yang anti mainstream di atas. Perawatan ayam cukup lah mudah dan hampir seluruh di daerah pedesaan memelihara di pekarangan rumahnya.

Ayam dapat menghasilkan telur dan daging yang bernilai jual. Permintaan daging ayam cukuplah tinggi untuk saat ini dan harga jualnya pun lumayan besar.

Bahkan apabila Anda memelihara ayam hias yang dapat tertawa dapat laku jutaan rupiah per ekornya.

Tips Tambahan

  • Cobalah berjulan di pameran satu ke pameran lain
  • Bangunlah toko di tempat yang strategis tapi bila minim modal dapat memanfaatkan sosial media untuk berjualan ini berpotensi dapat meningkatkan 10x lebih menguntungkan dari bisnis konvensional bila dijalankan secara benar dan serius.

Leave a Comment

%d bloggers like this: