Mengenal 50+ Jenis Kucing Hutan di Dunia dan Cara Merawatnya

Kucing Hutan bukanlah hewan piaraan yang lucu sehingga gemas dibawa pulang. Sebagian orang menjadikan Kucing Hutan sebagai piaraan justru karena dia cenderung lebih pemberani, aktif dan agresif. Kegarangan yang sebenarnya masih menyimpan rasa manja ini dirasa lebih menarik daripada sebatas bulu halus atau pipi gembul.

Jenis-Jenis Kucing Hutan

ada air. Makanan dari Prionailurus Viverrinus ini gemar menyantap Ikan dan hewan-hewan kecil di sekitar Hutan Bakau.

Kucing Emas Asia

Kucing Emas Asia

animalreader.ru

Kucing Emas Asia dilahirkan dari Kawasan Asia Tenggara. Spesies yang hampir punah dikarenakan derofestasi hutan dan perburuan ilegal ini memiliki 3 sub spesies resmi: Pardofelis Temminckii Tristis berasal dari sebelah barat daya Cina, Pardofelis Temminckii Temminckii berumah di Asia Tenggara dan Himalaya, Pardofelis Temminckii Dominicanorum dari Cina Tenggara.

Kucing Batu

Kucing Batu

sejujurnya.com

Kucing Batu dari spesies Pardofelis Marmorata resmi dilindungi pemerintah melalui pengesahan PP No.7 Tahun 1999. Diperkirakan Kucing Batu hanya tinggal 10.000 ekor di atas muka bumi. Habitat asli Kucing Batu adalah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Banyak sekali peneliti yang sudah lama mengamati pergerakan Kucing Hutan Batu lewat kamera trap. Satwa langka tersebut tergolong hewan nokturnal, sehingga aktifnya di malam hari saja. Sebagai predator, Kucing Batu ini dapat bergerak sangat cepat sehingga sehingga sulit dicari. Di Indonesia, Pardofelis Marmorata masih dapat ditemukan di hutan Sumatera dan Kalimantan.

Kucing Bakau

Kucing Bakau

tagoleki.com

Di Hutan-hutan Bakau yang ada di Indonesia hiduplah Kucing Bakau yang sekarang menjadi satwa terlindung. Lama hidup dekat dengan perairan, Kucing Bakau tidak seperti umumnya Kucing karena dia tidak pernah takut p

Kucing Macan Dahan Kalimantan

Kucing Macan Dahan Kalimantan

sejujurnya.net

Neofelis Diardi atau Kucing Hutan Macan Dahan Kalimantan berasal dari Pulau Borneo. Lagi-lagi derofestasi hutan menjadi penyebab utama kelangkaan Kucing Macan Dahan ini. Giginya lebih tajam dari Kucing-kucing hutan lainnya. Dikaruniai wajah sangar, pembangunan pertambangan dan perkebunan ternyata lebih mengerikan bagi perkembang biakan mereka.

Kucing Pasir

kucing pasir

KenaliDia.Com

Kucing Pasir terbiasa hidup di gua-gua yang tidak jauh dari sumber air. Secara fisik, dia memiliki kemiripan dengan Kucing Kampung, bedanya kepala Kucing ini sedikit lebih lebar. Kucing Felis Margarita yang memiliki kegemaran makan Serangga dan Tikus tersebut banyak ditemukan di Gurun Pasir.

Kucing Caracal

Kucing Caracal

adasaja.net

Kucing Caracal mempunyai tubuh yang lebih pantas disebut turunan Rusa daripada Kucing Hutan. Dia bertelinga panjang, berbulu tipis kecoklatan. Anehnya, walaupun berwajah Kucing, Kucing bernama latin Caracal Caracal ini total berbadan Kijang.

Kucing Macan Dahan Benua

Kucing Macan Dahan Benua
Kucing Macan Dahan Benua merupakan salah satu jenis Kucing besar yang lebih kecil dari Macan Jawa. Coraknya sangat unik karena menyerupai Ular Sanca. Dia lebih menyukai Unggas daripada hewan lain saat perburuan. Di alam, Neofelis Nebulosa ini terkenal sebagai predator berbakat.

Kucing Congkok

Kucing Congkok

gardanasional.id

Kucing Hutan Congkok memiliki badan berwarna coklat tua dengan tutul hitam. Ukuran tubuh yang kecil sama seperti Kucing Kampung tidak berarti dia berkelas rendahan. Mata Prionailurus Bengalensis ini bermata kuning keruh.

Jumlah Kucing Congkok terus merosot, termasuk di habitat aslinya, Benua Asia terutama Indonesia. Untungnya, makanan alami Kucing Congkok yaitu Kadal, Burung, Serangga, Tikus dan fauna kecil masih bisa ditemukan meskipun banyak hutan terus digunduli.

Kucing Iberian Lynx

Kucing Iberian Lynx

hewan.id

Kucing Iberian Lynx datang dari hutan-hutan serta pegunungan Semenanjung Iberia. Jumlahnya yang kecil lebih disebabkan oleh sulitnya proses reproduksi. Lynx Pardinux ini pun sulit bertahan di alam karena jumlah makanannya terus mengalami penurunan.

Jika seekor Kucing Kampung terbiasa berburu Tikus rumahan, Kucing Hutan menjadi pemburu yang handal bagi para Reptil, Burung dan Tikus berukuran besar. Lebih ekstrim lagi, hewan berukuran jauh lebih besar sekelas Kerbau biasa dilumpuhkan. Untuk itulah artikel ini akan membahas jenis-jenis Kucing hutan, cara merawat Kucing Hutan dan cara menjinakkannya.

Kucing Merah Kalimantan

Kucing Merah Kalimantan

bantenplus.co.id

Catopuma Badia atau Kucing Merah Kalimantan adalah nama lain dari Kucing Hutan yang berasal dari Kalimantan. Badan fauna ini berwarna merah kecoklatan. Bertelinga pendek dengan kepala bulat ditambah kumis yang sedikit lebih panjang membuat perawakan Kucing Hutan Kalimantan yang sebenarnya bertubuh tinggi dan ekor besar panjang.

Kabar buruknya Kucing Merah Kalimantan ini sudah hampir punah di alam liar. Maklum, semua ini merupakan dampak derofestasi lahan-lahan hutan di Pulau Kalimantan. Ditambah banyak warga menjadikan Kucing Hutan Kalimantan sebagai hewan buruan, terutama di Pulau Borneo.

Pada tahun 1984 diadakan perhitungan spesies Kucing Merah Kalimantan sebanyak 12 ekor. Kucing-kucing ini diambil dari hutan-hutan di bukit berketinggian 500 mdpl dari seluruh wilayah Kalimantan. Kucing-kucing dari spesies Catopuma Badia berukuran 49,5 cm – 67 cm dan 30 – 40,3 cm ini memakan hewan kecil yang juga hidup di alam liar.

Kucing Blacan

Kucing Blacan

pencintakucing.com

Bernama latin Felis Bengalensis, Kucing Blacan atau Asian Leopard ini adalah Kucing Hutan yang lahir dari persilangan Kucing Amerika Shortair dengan indukan Blacan sehingga lahirlah spesies baru yang disebut juga Kucing Bengal. Itulah alasan mengapa tubuh Kucing Hutan yang satu ini bercorak sama dengan Kucing Bengal hampir total.

Walaupun tanpa bulu-bulu halus yang harum, Kucing Hutan ini bisa menyedot isi dompet pembelinya karena harga Kucing Hutan ini dapat mencapai Rp. 50.000.000,00 per ekor. Melangitnya harga Kucing Bengal bisa disiasati dengan mengawinkan sendiri dengan menginduk dari Kucing Blacan, indukan spesies Bengalensis. Catatan lagi untuk pemelihara Kucing Blacan, makanan yang diberikan pada saat di penangkaran harus berbau alam, contohnya Ikan.

Kucing Kepala Datar

Kucing Kepala Datar

alamendah.com

Kucing Kepala Datar yang dalam bahasa latin disebut Prionailurus Planiceps dan Flathead Cat dalam Bahasa Inggris ini memiliki bulu yang menyerupai Tupai. Cuping Kucing Hutan berkepala datar ini cenderung kecil. Matanya terlihat tidak memiliki pupil namu berbola mata sangat besar.

Hidung Kucing yang merupakan hewan endemik Asia Tenggara ini banyak hidup di Borneo, Pulau Kalimantan dan Andalas, Pulau Sumatera. Kucing di pulau-pulau Semenanjung Melayu-Thailand ini berasal dari spesies Prionailurus Planiceps dan tidak bisa lepas dari atmosfer alam liar.

 

Kucing Emas Afrika

Kucing Emas Afrika

hewan.id

Kucing Emas Afrika hampir sama dengan Kucing Merah Kalimantan. Binatang Nokturnal tersebut berasal dari daratan Afrika. Tubuhnya sedikit lebih besar dan ekornya panjang dibandingkan Kucing Emas Asia.

Kucing Pallas

Kucing Pallas

thewildlifediaries.com

Otocolobus Manul atau Kucing Pallas ialah Kucing Hutan yang imut karena gendut. Kucing yang sering dipanggil Manul ini berbulu abu-abu kecoklat mudaan yang panjang dan banyak. Wajahnya memang galak, dia tetap menjadi Kucing Hutan yang mandiri dalam mencari makanan di alam.

Kelinci Hutan dan Ayam menjadi menu kesayangan Kucing Pallas. Sekilas kelucuannya mirip Anjing pudel karena ekornya besar dan tidak begitu panjang. Ada pupil berupa titik hitam kecil di dalam bola matanya yang kuning cerah.

Kucing Andean Mountain

Kucing Andean Mountain

wikimedia.org

Pegunungan Andes sebagai kawasan ekstrim melahirkan Kucing Andean Mountain yang sering disebut Kucing Hutan Liar. Iklim dingin berat di Pegunungan Andes menjadikan Leopardus Jacobita suka berlindung di gua dan di balik bebatuan cadas. Semakin hari, pemangsa Tikus berbadan kecil ini semakin sulit dijumpai.

Kucing Macan Tutul Jawa

Kucing Macan Tutul Jawa

wisatapriangan.co.id

Panthera Pardus Melas bertanah air di Jawa. Kucing Macan Tutul Jawa menjadi predator utama dalam rantai makanan di hutan dan gunung. Ulah para manusia jahat sering memutus rantai tersebut demi keuntungan dari perdagangan taring, kumis, kulit dan bagian tubuh lain dari Macan Tutul Jawa.

Kucing Serval

Kucing Serval

petlogue.com

Kucing Serval jika dilihat sepintas tampak seperti Rusa karena posturnya besar. Dia suka memakan Kelinci dan Ikan. Panjang tubuh yang dapat mencapai 100 cm tersebut merupakan hewan endemik Afrika. Leptailurus Serval lebih suka berburu mangsa di malam daripada siang hari.

Kucing Margay

Kucing Margay

wikimedia.org

Kucing Margay sangat terancam hilang dari peradaban. Kucing ini memiliki corak tutul gelap. Amerika, terutama Amerika Latin adalah wilayah asli datangnya Leopardus Wiedii tersebut.

Kucing Harimau Sumatera

Kucing Harimau Sumatera

hewan.id

Panthera Tigris Sumatrae ternyata masuk ke dalam golongan Kucing Hutan. Mirisnya, dia hanya tinggal sejumlah 300 ekor saja di seluruh dunia dan itu semua menyebar di Indonesia. Di habitatnya, Pulau Sumatera, Harimau hanya tinggal 20 ekor. Itulah mengapa swasta menekan pemerintah menyadarkan pentingnya melindungi satwa.

Cara Merawat Kucing Hutan

Cara merawat kucing hutan tidak sama dengan cara merawat Kucing Persia. Kucing Hutan cenderung jauh lebih agresif dan jarang pasif. Sehingga pemiliknya harus memahami cara merawatnya seperti di bawah ini:

Makanan Kucing Hutan

Makanan ketika menjadi hewan peliharaan masih bisa dibeli di toko kebutuhan binatang. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda bersedia sedikit repot menyediakan daging Ikan, Sapi dan Ayam yang telah dimasak supaya insting liarnya terkikis perlahan. Minumnya pun dari susu khusus Kucing yang dijual di toko.

Kandang Kucing hutan

Kehangatan yang membuat Kucing nyaman menjadi syarat utama kandang Kucing Hutan. Pemilihan bahan serta penempatan kandang sangat perlu dipertimbangkan supaya si Kucing yang aslinya liar tidak stress karena berpindah tempat tinggal.

Kesehatan Kucing hutan

Sebenarnya Kucing Hutan daya tahan tubuhnya rendah, dia juga rentan terserang penyakit. Oleh karena itulah Anda sebagai pemilik harus rajin mengecek kesehatannya di dokter hewan. Distemper menjadi penyakit langganan bagi Kucing apa saja, termasuk Kucing Hutan.

Memandikan Kucing

Kucing Hutan hobi berenang, maka Anda tidak boleh malas memandikannya. Jangan membuat dia tetap liar dengan membiarkan hidup nyaman pada kebiasaannya di alam. Setidaknya mandikan seminggu sekali saja. Cara memandikan Kucing Hutan sama seperti cara yang dilakukan pada Kucing Ras.

Cara menjinakan Kucing Hutan atau Liar

Resiko besar menghadang para pemilik Kucing Hutan. Dia bisa kapan saja memangsa ternak milik tetangga. Makanya, Anda yang ingin menambah kesangaran dengan memelihara mereka harus tahu cara menjinakkan Kucing Liar serta Cara Memelihara Kucing Hutan.

Kandang yang Khusus Kucing Liar

Sebaiknya kandang ditaruh di tempat yang tidak terlalu terang dengan kehadiran manusia di sekelilingnya. Di dalam kandang harus ada kebutuhan-kebutuhannya semisal tempat minum dan makan juga litter box.

Memahami Bahasa Tubuh

Kita memang tidak bisa berbahasa Kucing secara verbal. Tapi setidaknya kita dapat memahami arti bahasa tubuh mereka. Kucing yang menunjukkan kegelisahan karena pupilnya membesar dan bulunya berdiri atau beberapa bahasa tubuh berikut ini.

Kitten Trick

Tujuannya supaya Kucing Hutan mengurangi intensitas pemakaian cakar. Anda bisa mengajarinya bermain saja tanpa cakar dengan meletakkan mainan di dekatnya.

Memberikan Hadiah

Kucing liar itu egois. Dia akan mengingat apapun yang menguntungkan dirinya sendiri. Makanya memberikan hadiah menjadi trik jitu menaklukkan psikologis Kucing Hutan. Keagresifannya dapat dikurangi setelah Kucing merasa senang diberi hadiah atas suatu kelakuan tertentu.

Sentuhan Lembut Untuk Kucing

Kucing tidak akan mencakar jika kita menyentuhnya penuh kelembutan. Selain memang sengaja mengelus tubuh dan kepala Kucing, Anda dapat mengajaknya bermain supaya semakin terbiasa disentuh manusia.

Memenuhi Kebutuhan Kucing

Penting sekali memenuhi kebutuhan Kucing Hutan agar dia tidak menyerang ternak atau hewan piaraan tetangga. Kebutuhan pokoknya adalah makanan. Apabila dia sampai kelaparan, naluri alaminya pasti muncul dan jadilah dia pemburu seperti di alam.

Gambar Kucing Hutan

Di bawah ini adalah gambar Kucing Hutan yang enak dilihat. Meskipun tergolong satwa liar, Kucing-kucing tersebut tetap menggemaskan. Coba perhatikan gambar Kucing Hutan tersebut.

Berikut ini beberapa gambar kucing hutan menarik untuk dilihat. Walaupun dikenal sebagai hewan liar, wajah kucing ini tetap lucu dan imut. Coba lihta beberapa gambar kucing hutan dibawah ini.

Kucing Emas Asia

Kucing Emas Asia berbobot 9 hingga 16 kg. Badannya bisa mencapai 105 cm dengan panjang ekor sendiri 57 cm. Kucing berwajah bayi ini aktif di siang hari daripada malam.

Macan Dahan Benua

Sudah benar-benar punah di alam aslinya, Kucing bercorak Macan ini berwarna kelabu kecoklatan disertai bintin hitam. Kepalanya terus tumbuh sampai 95 cm. Ekornya pun panjang berbintik hitam dengan kaki pendek dan telapak kaki besar. Dia banyak menghabiskan sisa umurnya di atas pepohonan.

Kucing Batu

Ekor sepanjang 35 hingga 55 cm, panjang 46 sampai 62 cm dan bobot 5 kg membuat Pardofelis Marmorata tidak terlalu sulit menjadi predator bagi Reptil, Tikus, Tupai, dan Burung pada malam hari.

Video Kucing Hutan

Cara menjinakkan kucing liar yang telah dipaparkan tadi mungkin masih belum benar-benar jelas. Anda bisa memperjelas lagi cara penjinakkannya seperti apa melalui video kucing hutan ketika sedang dijinakkan. Tonton bagaimana sang pawang menaklukkan mereka di bawah ini.

Harga Kucing Hutan

Harga Kucing Hutan memang mahal. Coba cek saja di daftar harga kucing. Harga-harga tersebut dapat berubah setiap saat. Jika Anda memang ingin memelihara mereka, lakukanlah melalui prosedur resmi untuk menghargai keberadaan mereka. Tidak usah menghiraukan harga lebih murah sedikit dari oknum tapi beresiko hukum besar di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: