Termudah! Cara Merawat Kucing Anggora Untuk Pemula

Kucing Anggora – Menggemaskan, cerdas, pintar bersatu menjadi komposisi dalam tubuh Kucing Anggora. Tidak salah jika ras ini sangat tinggi peminatnya. Banyak orang memperlakukan Kucing Anggora seperti anak sendiri akibat saking sayangnya.

Kucing pada umumnya takut pada air, sehingga mereka hampir tidak pernah mandi. Terutama Kucing yang hidup secara liar. Beda cerita apabila peliharaan Anda Kucing Anggora yang malah gandrung pada kegiatan mandi.

Selain karakternya unik, dia dianggap memiliki kecerdasan lebih dalam berkomunikasi dengan manusia. Saingan berat ras Anggora sampai saat ini adalah Kucing Persia yang juga menawan seperti boneka. Hari ini Anda harus tahu cara merawat Kucing Anggora supaya tidak kalah saing.

Sejarah Kucing Anggora

Julukan lainnya adalah Turkish Anggora atau Anggora Turki. Namun tidak asing pula dikenal sebagai Kucing Ankara Kedisi. Para leluhurnya memiliki mata biru dengan bulu putih. Kecantikan inilah yang menjadi daya tarik utama ras Anggora banyak diadopsi.

1954 menjadi tahun pertama Kucing Anggora ke luar negeri. Amerika Serikat adalah wilayah asing perdana yang menjadi tujuan impornya. Kemudian tahun 1968 seekor Anggora putih diregistrasi di CFA (Cat Fanciers Association).

CFA Grand Champion yang sering menggelar kontes kecantikan Kucing memenangkan Anggora pada 1976 setelah kalah dua kali pada 1970 dan 1972. Sejak itulah masyarakat luas semakin jatuh cinta pada Kucing Anggora.

Sayangnya masih banyak yang mengira dia Kucing Persia. Maka dari itu artikel ini akan menunjukkan perbedaan keduanya. Supaya Anda tetap bisa mengenali ras kesayangan Anda dan tidak salah cara merawat.

Ciri Fisik Anggora

  • Mata sebesar Kacang Almond
  • Warna bulunya hitam, kuning, kemerahan, putih, cokelat
  • Kaki dan ekornya panjang
  • Hidung mancung
  • Badannya sedikit ramping ideal dibanding Kucing Persia
  • Berperawakan anggun dan elegan
  • Ukuran tubuhnya relatif besar
  • Jika dilihat seluruh kepalanya berbentuk segi tiga
  • Bertelinga lebar yang menunjuk
  • Bulu ekor tebal mengembang mirip ekor Musang

Karakteristik Sifat

  • Tempat favoritnya adalah di dalam ruangan
  • Cerdas
  • Tingkat ingin tahunya besar
  • Temperamental tapi lucu
  • Ramah dan hangat. Jadi aman sebagai teman anak-anak di rumah
  • Suka bermalas-malasan
  • Mudah akrab dengan kucing dan hewan lainnya
  •  Mudah beradaptasi dengan pemilik dan tempat baru

Jenis-jenis Kucing Anggora

Pembagian jenis-jenis Kucing Anggora berdasarkan warna bulunya adalah sebagai berikut:

Kucing Anggora Putih

kucing anggora putih
Pemilik Kucing yang cinta kebersihan sangat cocok memilih Anggora warna putih. Meskipun sering kotor, Kucing ini suka dirawat dan dimandikan. Jadi jika Anda memang hobi bersih-bersih bisa menghabiskan banyak waktu bersamanya.

Kucing Anggora Hitam

kucing anggora hitam
Walaupun warnanya gelap, tapi Kucing Anggora tidak pernah menakutkan. Dia tetap tampak lucu dengan keanggunan yang tidak pernah pudar. Peminat Anggora hitam pun masih banyak.

Kucing Anggora Abu-Abu

kucing anggora abu abu
Beberapa orang menyukai warna antara hitam dan putih seperti abu-abu ini. Kucing ini tidak mudah kotor tapi tetap suka dirawat. Memelihara Kucing Anggora abu-abu masih menjadi pilihan para pecintanya.

Cara Perawatan Kucing Anggora

Dengan karakteristik seperti di atas tadi, seekor Kucing Anggora harus diberi perhatian khusus oleh pemiliknya. Kebersihan kandang sampai stok makanan tidak boleh sembarangan seperti memperlakukan Kucing liar. Kucing ras memang merepotkan, tapi juga menyenangkan hati pemiliknya.

Kandang Kucing Anggora

kandang kucing anggora
Pada intinya sebuah rumah bertujuan membuat nyaman dan aman. Begitu pula kandang bagi Kucing Anggora yang dibuat tanpa membuat Kucing merasa terkekang. Biarkanlah dia mengekspresikan perilaku aslinya di dalam kandang.

Anda tidak harus pergi mencari kandang Kucing yang berharga selangit. Tidak masalah membuatnya sendiri. Yang terpenting ukuran dan bahannya membuat Kucing nyaman. Jangan sampai kandang membuat Kucing terluka, baik hati maupun tubuhnya.

Demi mendapatkan kandang hemat biaya yang dibuat dengan tangan sendiri, ada 3 hal yang harus Anda garis bawahi. Simak 3 hal kunci keamanan dan kenyamanan si Kucing.

Bahan

Kucing gemas tidak boleh terluka. Anda tidak diperkenankan membuat kandang dengan melibatkan kawat dan paku. Benda-benda tersebut dapat membahayakan keamanan Kucing dan memepengaruhi kenyamanan sekaligus kesehatannya.

Sebagai gantinya, Anda bisa memakai bahan aluminium sebagai bahan dasar kandang. Aluminium bersifat kuat, tahan lama, dan tidak mudah berkarat. Kucing lucu pasti nyaman di dalamnya.

Alas

Meskipun terbuat dari aluminium, Anda tetap harus mempertimbangkan ukuran celah alas kandang. Jangan membuat celah yang terlalu lebar supaya kaki Anggora tidak terjepit. Sempitkanlah sedikit supaya dia nyaman beraktivitas.
Biasanya alas kandang Kucing Anggora terbuat dari plastik. Bahan ini tidak sulit dibersihkan dan yang paling penting tidak mudah berkarat. Sehingga Kucing terbebas dari kerisihan akibat timbulnya karat.

Ukuran

Sebaiknya ukuran kandang dibuat luas supaya Kucing bebas berjoget atau berpose. Anda pun wajib memperhitungkan berat badan Kucing Anggora supaya Kandang yang ada tetap nyaman. Membuat sendiri memang lebih cocok daripada ukuran toko.

Makanan Kucing Anggora

makanan kucing anggora
Sekalipun menggemaskan, seekor Kucing Anggora tetaplah hewan karnivora. Maka pada prinsipnya Anda bisa memberikan apapun asalkan bukan sayuran. Meskipun beberapa Kucing ada yang doyang diberi makanan dari bahan tumbuhan.

Hewan Karnivora obligat sangat lahap menghabiskan daging. Anda harus memperhatikan hal ini. Kandungan penting lain yang musti disajikan adalah asam amino, vitamin dan protein.

Pasokan energi Kucing Anggora Anda dalam bergerak setiap hari diambil dari ikan dan daging. Kedua makanan ini sangat mendukung kesehatan Kucing karena mengandung asam amino. Jadi mulai sekarang jika Anda ingin membeli makanan Kucing perhatikan nutrisinya jangan harga saja.

Makanan Bernutrisi Tinggi

Asupan nutrisi yang ada dalam makanan Kucing Anggora sesuai saran para dokter hewan adalah sebagai berikut:

1. pHnya rendah.
2. Kandungan lemaknya rendah.
3. Kandungan protein diutamakan. Minimal 25% dari total kandungan dalam suplemen atau makanan Kucing.
4. Ada muatan Asam Arakidonat.
5. Berisi mineral yang diutamakan Niacin, Thiamin, Vitamin B12, Vitamin A dan vitamin lainnya.

Makanan Kondisional

Kebanyakan pemelihara Kucing meletakkan makanan peliharaannya di sebuah wadah kemudian ditinggal begitu saja. Tidak ada pertimbangan mengenai porsi dan nutrisinya apakah sudah sesuai bagi Kucing atau belum. Makanan ini menyesuaikan kondisi Kucing dan usianya yang kemudian berpengaruh pada kebutuhan porsi serta banyaknya nutrisi.

Makanan Anak Kucing Anggora

Kita boleh mulai memberikan asupan pada anak-anak Kucing Anggora semenjak mereka berumur 3 – 4 pekan. Di usia awal ini sebaiknya jangan memberi makanan kering karena dia belum dapat mencerna. Jadi, berilah makanan Kucing yang basah bahkan kadang perlu menyuapi anak-anak ini.

Menyuapi anak Kucing Anggora tidak langsung menggunakan tangan. Anda boleh memakai sendok teh atau pipet untuk menyalurkan makanan. Supaya lebih lembut, Anda disarankan merendam makanan anak Kucing terlebih dahulu. Lakukan perawatan ekstra sabar ini sampai usia anak 2 atau 3 bulan dan mampu mencerna makanan kering.

Makanan Kucing Anggora Dewasa

Seekor Anggora baru tergolong dewasa apabila umurnya minimal setahun. Energi Kucing akan selalu bertambah seiring bertambahnya jumlah umur. Anggora dewasa setidaknya membutuhkan 300 kalori setiap hari. Jika berat badannya lebih dari umumnya, maka energi yang dikeluakan akan semakin besar.

Tidak ada larangan membeli makanan bagi Kucing Anggora di pasar. Yang penting tetap dilihat ada label “Balanced” atau “Completed” pada bungkusnya. Kedua label tersebut memberitahu kita bahwa di dalam makanan tersebut terdapat nutrisi cukup bagi kebutuhan Anggora dewasa.

Banyak Porsi

Kucing Anggora berbobot 5 kg memerlukan 300 kalori setiap hari supaya aktif bergerak. Berlaku pula kelipatannya. Jika makanannya beli di toko, cukup lihat saja kandungan kalorinya pada kemasan dan sesuaikan dengan kebutuhan Kucing Anda. Bagilah kebutuhan kalori dalam sehari menjadi dua atau tiga kali pemberian makan.

Misalkan saja Kucing Anggora Nina berbobot 5 kg. Setiap hari dia butuh asupan 4% dari 5 kg. Jika dikalikan berarti 200 gr kebutuhan makanan bagi Kucing Nina. Perhitungan ini berlaku pula untuk bobot yang lain.

Cara Pemberian Makan Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Tujuan dari pemberian pakan adalah kenyangnya Kucing serta terpenuhinya energi yang dibutuhkan.

Berikut adalah teknik pemberian makan pada Kucing Anggora:

Siap Sedia

Makanan Kucing Anggora ditaruh dalam sebuah wadah yang mudah dijangkau Kucing. Simpelnya, taruh saja di piring. Ingat, anak Kucing Anggora membutuhkan banyak protein secara kontinu. Jadi, harus diperhatikan sungguh-sungguh ketersediaannya.

Pola Makan

Kucing yang usianya lebih dari setahun harus diberi makan secara teratur. Pola makan yang jelas biasanya terdiri dari 2 atau 3 kali sehari. Tergantung kebutuhan energi Kucing Anda.

Tidak mungkin Anda makan banyak tapi tidak minum. Begitu pula Anda harus peduli pada kesehatan Kucing Anggora. Jangan hanya memberinya makan, tapi juga letakkan wadah minum di dalam kandang supaya makanannya lancar dicerna.

Macam Penyakit Kucing Anggora

Sumber : sehatkucingku.blogspot.co.id

Sebagaimana manusia yang asal makan, Kucing pun rentan terkena penyakit apabila aspek kesehatan lainnya tidak diperhatikan. Rugi sekali bila memelihara Anggora lucu tapi dia lesu dan murung setiap hari.

Rupanya kucing Anda terserang salah satu penyakit berikut:

Cacing

Hewan yang satu ini tidak selalu menguntungkan para petani. Jenis cacing lainnya sering menyebabkan makhluk lain sakit. Waspadalah apabila Kucing Anda lemah dan kurus. Bisa jadi dia menunjukkan gejala awal cacingan.

Tanda-tanda lain yang mengindikasikan tingkat keparahan cacingan secara jelas adalah Kucing muntah. Apalagi jika dia gemar makan namun tidak bertambah gembul malah kelihatan makin kurus. Begitu pula bila dia sering lemas dan kehausan.

Muntah

Muntah-muntah sebenarnya tidak hanya dialami Kucing Anggora. Seekor Kucing kampung pun sering muntah-muntah. Hanya saja intensitasnya berbeda. Muntah hairball masih dianggap normal.

Mata Kucing

Kucing diberi kelebihan dapat mengawasi mangsa pada malam hari. Sehingga ketajaman mata ini menjadi organ penting bagi Kucing. Sehingga Anda perlu bertindak ketika menyadari ada yang aneh dari mata Kucing.

Radang selaput mata, Glaucuma, penyakit retina dan radang yang lain adalah beberapa jenis penyakit yang menyerang mata Kucing. Gejala jelasnya adalah seringnya cairan keluar dari mata Kucing.

Cairan yang keluar dari mata Kucing bermacam-macam. Ada yang berupa cairan kental ada pula yang berupa air mata. Lihatlah apakah bulu mata Kucing Anggora Anda sering basah atau tidak.

Obat tetes adalah obat standar bagi penyakit di mata Kucing. Tetapi jika ternyata penyakit mata disebabkan oleh bakteri maka mata Kucing perlu diberi obat tetes.

Kutu Kucing

Ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa terserang Kutu. Kucing pun rentan terkena Kutu di kulitnya. Pada tingkat parah, kulit yang berkutu ini bisa menyebabkan luka.

Rajin memandikan Kucing saja belum cukup. Jangan meninggalkan ritual shampoo ketika mandi supaya kebersihannya terjaga. Bila terlanjur berkutu, Anda dapat memakai bedak kulit, ramuan khusus atau obat kutu lain.

Jamur

Masih sepaket dengan Kutu Kucing. Jamur pada Kucing terlihat menjijikkan. Gudik atau jamur ini sering menghampiri wajah, kaki dan telinga Kucing. Bulu yang lembab menjadi penyebab utama jamur pada Kucing.

Pada saat Kucing berkelahi lalu dia mendapatkan luka, maka kulit yang terbuka ini dapat mengundang datangnya jamur. Tenang, jamur Kucing dapat diatasi dengan shampoo khusus bernama melaseb dan sebazo.

Pencegahan terbaiknya tetap dengan cara menjaga Kucing Anggora agar tetap dalam kondisi kering. Salep 88 dan salep anti fungsal lainnya masih bisa menolong dalam kondisi terlanjur.

Masalah Saluran Kencing

Kucing mengalami kesusahan buang air kecil, urinenya berdarah, kelaminnya sering dijilati, sering dehidrasi, nafsu makan turun merupakan gejala-gejala Kucing terkena permasalahan saluran kencing.

Baik Kucing betina atau jantan, semuanya sama-sama berpotensi terkena filine lower urinary tract disease (FLUTD). Penyebab utamanya adalah mineral di badan Kucing berlebih, terutama magnesium dan serangan bakteri.

Gambar Kucing Anggora

Di bawah ini beberapa gambar yang menunjukkan kecantikan Kucing ras Anggora. Memang banyak foto Kucing di internet, namun berikut ini adalah yang terbaik di antaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: