√ Mengenal Jenis Kucing Persia dan Cara Merawatnya

Kucing Persia merupakan Kucing Ras paling tua di dunia. Mukanya bulat dengan sedikit moncong dan tentunya tetap berbulu lebat. Persia adalah nama asal kampung halamanya dalam bahasa kuno yang sekarang menjadi negara Iran.

Di Persia, Kucing Ras ini banyak berkeliaran sebelum kemudian dikembangkan di Inggris dan Amerika Serikat setelah perang dunia II selesai. Penampilannya yang menawan di atas rata-rata Kucing pada umunya membuat orang berlomba membawanya pulang.

Memiliki Kucing Persia memang sedikit lebih ribet dibandingkan Kucing Kampung. Ada banyak hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Misalkan jenisnya, cara merawat sampai ciri-ciri Kucing Persia sendiri. Hari ini kami akan menjelaskannya.

Jenis Kucing Persia

Ada banyak variasi keturunan Kucing Persia dimana masing-masing mempunyai kekurangan serta kelebihan sendiri. Berikut ini adalah 6 suku Kucing Persia yang memiliki perbedaan secara fisik, seperti perbedaan manusia yang dipisahkan ras dan bangsa.

Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya
Cattery.co.id

Kucing Siam dikawinkan dengan Kucing Ras Persia. Mereka menghasilkan Kucing Persia Himalaya yang berbadan gempal, wajah bulat, tubuh dan kaki pendek.

Ciri fisik paling terlihat adalah warna hitam di bulu yang tumbuh pada hidung. Warna hitam ini juga dapat ditemui pada semua ujung kaki dan lingkaran matanya. Di luar bagian tersebut bulunya berwarna putih.

Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose
kaskus.co.id

Bintang Kucing Persia diduduki oleh ras Kucing Persia Peaknose. Peminatnya paling tinggi di antara jenis Kucing Persia yang lain. Hal paling membuat dia istimewa adalah hidung pesek yang semakin tenggelam karena tubuh gemuk.

Para pecinta Kucing sangat sering mengadakan kontes kecantikan bagi Kucing Persia Peaknose. Kalaupun tidak memenangkan kontes tersebut, Peaknose tetap bisa dijual dengan harga mahal. Terkecuali Anda bersedia merawatnya sampai layak dihargai lebih mahal lagi.

Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose
popsugar.com

Hidung Kucing Persia yang ini juga pesek. Namanya Kucing Ras Persia Flatnose atau Kucing Persia Hidung Datar. Perbedaan dengan jenis sebelumnya adalah flatnose tidak terlalu pesek tetapi pipi dan wajahnya tetap bulat. Kelakuannya pun aneh tapi menggemaskan.

Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium
kaskus.co.id

Ada pula Kucing Persia yang hidungnya agak mancung ke luar. Dipanggil Kucing Persia Medium, Kucing ini berbulu panjang dan pendek. Namun dia justru dihargai standar Kucing Ras karena tidak super imut seperti Kucing-kucing pesek tadi.

Kucing Persia Hitam

Kucing Persia Hitam
kucingpedia.com

Beberapa orang tetap menyukai warna gelap karena Kucing hitam terlihat lebih berwibawa. Bentuk wajah dan badan yang memang lucu tidak memberikan kesan angker seperti Kucing Kampung Hitam, tetapi dia tetap sama, tidak mudah terlihat kotor.

Kucing Persia Putih

Kucing Persia Putih
kucingpedia.com

Kemanjaan sangat kental terlihat dari Kucing Persia dengan bulu putih. Kebersihan bulunya melambangkan bagaimana pemiliknya merawat selama ini. Kucing berwarna bersih seperti ini sangat gereget jika sedang tidur.

Anak Kucing Persia

Anak Kucing Persia
kucingpedia.com

Seekor induk Kucing selesai mengandung dan sudah melahirkan anak-anak baru. Bagi pemilik bisnis Kucing Ras tentunya akan senang karena semakin banyak keuntungan yang bisa diambilnya. Kucing-kucing baru ini harus disusui ibunya sampai sekitar 2 bulan baru disapih.

Pasca anak Kucing disapih dari susu ibunya, kewajiban kita akan bertambah. Membesarkan anak Kucing dengan baik memerlukan pengetahuan cara merawat Kucing Persia.

Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia
Sekarang kami akan memberikan panduan paling dasar bagi perawatan Kucing Persia seperti di bawah ini:

Kebersihan Kucing

Kucing akan sakit kalau kebersihan tubuh dan lingkungannya selalu diabaikan. Lebih baik dia tidak usah dibawa ke rumah kita daripada pada akhirnya tersiksa. Tempat buang air adalah hal paling penting yang memengaruhi kenyamanan dan kebersihan Kucing.

Bulu lebat, halus seharusnya rapi. Oleh karenanya Andalah yang berkewajiban menyisir dan menyikat bulu Kucing Persia setiap hari. Bulu yang tidak pernah dirawat malah justru akan jadi habitat baru Kutu Kucing.

Jangan sampai tubuh Kucing Persia lembab. Jagalah badannya supaya tetap kering dengan sering mengajaknya ke tempat terbuka supaya bisa berjemur atau menyeka tubuhnya menggunakan tisu bayi.

Perawatan Kesehatan Kucing Persia

Bukan hanya bayi, Kucing Persia pun butuh diberi vaksin supaya daya tahan tubuhnya terjaga. Pada dasarnya Kucing adalah hewan rentan terserang penyakit, jadi Anda tidak boleh meremehkan vaksin yang harganya terjangkau setahun sekali.

Lebih baik lagi apabila Anda mau memeriksakan Kucing secara rutin ke dokter hewan. Semacam medical check up bagi manusia supaya kesehatannya tetap terkontrol. Begitu pula kebutuhan nutrisi dan vitamin.

Tempat Yang Bersih, Luas dan Nyaman

Sebagai Kucing kelas atas, wajar bila Ras Persia tumbuh menjadi binatang pemilih. Fauna ini menuntut diberi rumah yang nyaman dan terjaga kebersihannya. Jadi Anda tidak boleh malas membersihkan lingkungan sekitarnya.

Kebersihan lingkungan saja belum cukup. Kucing Persia masih butuh tempat luas untuk bermain bebas. Anak imut ini menyukai suhu dingin. Artinya Anda tidak boleh menaruh tempat bermainnya di bawah terik matahari langsung.

Mengajak Kucing Bermain

Sebagai seorang ibu bagi indukan Kucing Persia, luangkan waktu bermain bersama mereka dan anak-anaknya. Meluangkan waktu bersama mereka dapat mengurangi kejenuhan Kucing di dalam kandang sepanjang hari.

Secara alamiah, Kucing adalah hewan aktif. Menyuruhnya makan dan tidur saja sepanjang hari di dalam kandang yang aman bukanlah perintah yang baik. Kucing malah lebih bahagia apabila selalu diperhatikan dan diajak bermain supaya tidak merasa kesepian.

Makanan Kucing Persia

Makanan Kucing Persia
ideaksi.com

Pernahkah Anda kebingungan memilih makanan yang cocok bagi Kucing Persia?

Para pemilik Kucing Persia sering mengeluhkan sulitnya memberi mereka makan. Tentunya kalau sudah begini pemilik yang baik pasti khawatir pada pertumbuhan serta kesehatan Kucingnya. Namun ada pula yang bilang mudah saja memberi Kucing Persia makan.

Sekaranglah menjawab kekontrasan di atas. Kami akan memberikan makanan rekomendasi bagi Anda yang memelihara Kucing Persia. Memang aslinya kesulitan memberi makan Kucing Ras akan ditemui pada awal adaptasi, selanjutnya Kucing akan terbiasa.

Jenis Makanan Kucing Persia

Jenis Makanan Kucing Persia

Kucing Persia tergolong Fauna Karnivora Obligat. Dia tidak suka pada tetumbuhan dan gemar menyantap daging. Namun makanan rekomendasi ada banyak alternatifnya. Yang terpenting makanannya berupa daging dan mengandung asam amino, lemak, vitamin, protein.

Anda perlu mengetahui jenis-jenis makanan di bawah ini. Selain Persia, Kucing Ras Anggora juga sering menghabiskan makanan-makanan di bawah ini.

Daging Untuk Anggora

Bagaimanapun juga, selucu-lucunya Kucing Ras tetap harus makan daging. Makanan alaminya ini akan membuatnya aktif dan makan dengan lahap. Daging yang dimaksud bisa berupa potongan daging Sapi, Kelinci dan Ayam.

Ikan Makanan Kucing

Kucing Persia berumur 2 bulan paling menyukai Ikan. Ikan yang kaya asam amino dan protein sangat berguna bagi pertumbuhannya. Kucing jenis lainnya pun menyukai menu yang satu ini.

Meskipun baik, jangan sampai Kucing kekurangan vitamin E. Oleh karena itu Anda tidak boleh hanya memberi Kucing Persia Ikan setiap hari. Cukup berikan saja 2 – 3 kali setiap pekan supaya gizi yang dibutuhkan tetap seimbang.

Keju Makanan Kucing

Namanya juga Kucing super manja bagaikan primadona, Kucing Persia gemar menyantap keju. Apalagi Kucing Persia Medium yang mendapatkan banyak vitamin sampai protein dari keju. Tapi sebagian teman jenis lainnya tidak doyan keju.

Anda tidak perlu memaksakan Kucing Persia menghabiskan keju yang ada. Jika memang Kucing Persia dari jenis yang Anda miliki tidak menyukai keju maka jangan diberikan lagi daripada dia sakit pencernaan.

Makanan Kering dan Basah Kucing

Toko hewan selalu menyediakan makanan kering dan basah bagi Kucing. Teliti dan cocokkan kebutuhan jumlah kebutuhan nutrisi makanan Kucing dengan jumlah yang tertera pada kemasan makanan Kucing.

Anda hanya perlu menyesuaikan makanan dengan kebutuhan saja. Merk-merk terpercaya seperti Pro Plan, Whiskas, Friekies, Royan Canin adalah label yang sudah terbukti memberikan nutrisi cukup bagi Kucing secara umum. Masalah harga menyesuaikan kebutuhan Kucingnya.

Cara Memberikan Makan Kucing Persia

Cara memberikan makan kucing persia

Sampai di sini kita akan belajar cara memberikan makan Kucing Ras selangkah demi selangkah.

Sediakan Wadah Makan

Hal pertama yang perlu disediakan adalah wadah makan Kucing. Jangan memberi wadah terlalu besar atau kecil supaya si Kucing bisa menjangkaunya lebih mudah.

Memilih Jenis Makanan

Cara memilih jenis makanan dimulai dengan testing dulu menggunakan makanan basah Kucing. Apabila ternyata si manis menyukai makanannya, lanjutkan dengan menyuapi makanan kering.

Setiap wadah harus berisi satu jenis makanan Kucing saja. Jadi yang makanan basah dibedakan dengan makanan kering. Jika ternyata Kucing Anda tidak suka pada makanan kering, berikan saja yang basah.

Menaruh Makanan di Wadah

Taruhlah makanan Kucing pada tengah wadah makan. Tujuannya agar ketika Kucing makan, makanannya tidak berceceran mengotori kandangnya sendiri.

Disesuaikan Kebutuhan Kucing

Memberi makan Kucing tidak boleh berdasarkan mood kita sendiri. Dia harus tetap makan baik saat mood kita jelek atau bagus. Tidak diperkenankan pula memberikan terlalu banyak makanan karena kita sangat gemas padanya saat makan.
Setiap harinya, Anda perlu membagi kebutuhan asupan makanan Kucing ke dalam 2 hingga 3 kali makan. Bisa pagi, siang, sore. Semuanya disesuaikan kebutuhan serta kondisi kesibukan Anda sendiri.

Kandang Kucing Persia yang Bagus

Kandang akan menjadi rumah bagi Kucing Persia Anda yang mahal itu. Jangan sampai dia merasa tidak betah berada di dalamnya. Karenanya perhatikan beberapa poin berikut ini saat akan membuat kandangnya.

Bahan Kandang Kucing

Jika kandangnya beli, Anda harus jeli pada bahan yang digunakan. Kesehatan Kucing banyak dipengaruhi oleh bahan kandang. Jadi carilah bahan tidak mudah berkarat, terjangkau dan tidak sulit dibersihkan. Aluminium menjadi pilihan terbaik.

Alas Kandang Kucing Persia

Ketidaknyamanan Kucing bisa diakibatkan oleh alas kandangnya sendiri. Makanya Anda harus membuat lubang di alas kandang lebih sempit daripada lebar kaki Kucing. Boleh juga menambahkan plastik atau aluminium sebagai alasnya.

Ukuran Kandang Kucing Persia

Tidak ada patokan baku ukuran kandang bagi Kucing. Prinsipnya, semakin seekor Kucing memiliki badan besar, semakin besar pula ukuran yang dibutuhkan. Semuanya pun demi keleluasaan pergerakan si manis.

Gambar Kucing Persia

Leave a Comment

%d bloggers like this: